CHAT ONLINE
   
Kunjungan hari Selasa, 25 November 2014: 29 users
Online: 2 | Total Visitors: 265228
 
   
 
PRODI KEBIDANAN - Profil Prodi Kebidanan
 

Program Studi Kebidanan Politeknik Kesehatan  RS dr. Soepraoen Kesdam V/Brawijaya merupakan institusi pendidikan tinggi tenaga kesehatan yang berada dibawah naungan Yayasan Wahana Bhakti Karya Husada yang berpusat di Jakarta.  Yayasan yang didirikan oleh para purnawirawan Kesehatan Angakatan Darat ini bergerak di bidang sosial dan menaungi beberapa institusi pendidikan kesehatan di beberapa wilayah Indonesia.

Program Studi Kebidanan Politeknik Kesehatan RS dr. Soepraoen berdiri sejak tanggal 30 Desember 2005 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI nomor: 198/D/O/2005 tanggal 30 Desember 2005 tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Prodi Kebidanan (DIII), Penggabungan Prodi Akupunktur (DIII) dari Unmer YPTM dan Akper dr. Soepraoen Menjadi Politeknik Kesehatan RS. dr. Soepraoen Kesdam V/ Brawijaya Malang.

Program studi Kebidanan memiliki visi, misi, tujuan, dan sasaran untuk menghasilkan Ahli Madya Kebidanan yang kompeten, disiplin dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pencapaian visi tersebut dengan cara melaksanakan sistem pendidikan yang berkualitas dan profesional, menciptakan lingkungan akademik kondusif, dan meningkatkan kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan alumni dan institusi terkait. 

Strategi yang dilakukan untuk pencapaian visi, misi, dan tujuan adalah: menciptakan lulusan yang mampu menguasai dan menerapkan ilmu kebidanan. Dengan kemampuan tersebut lulusan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan stakeholders dan menciptakan peluang kerja/praktik mandiri.

Rata-rata jumlah calon mahasiswa yang berminat masuk di Prodi Kebidanan cukup baik yaitu 1 : 3, sedangkan masa tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan 4 bulan. Proses pembelajaran sudah berlangsung dengan baik dengan IPK sangat memuaskan. Lama studi rata-rata 3 tahun dan lama menyelesaikan karya tulis ilmiah (KTI) 2 semester. 

Prodi Kebidanan memiliki sarana cukup memadai, untuk menyelenggarakan pendidikan diantaranya adalah ruang kuliah, ruang staf pengajar, laboratorium, dan lahan praktek klinik bagi mahasiswa yang tersebar di Kota Malang dan Kabupaten Malang.

Dalam rangka meningkatkan dan memperbaiki mutu Poltekkes dan Program Studi Kebidanan maka dibentuk unit pengendali mutu. Ada dua strata penjaminan mutu yang saling terkait, yaitu penjaminan mutu di Poltekkes dan ditingkat program studi. Ditingkat Poltekkes RS dr.Soepraoen dilaksanakan oleh suatu Unit Pengendali Mutu (UPM), dan ditingkat program studi dilakukan oleh suatu Unit Kendali Mutu Akademik (UKMA). 

Di tingkat Program Studi Kebidanan dalam pelaksanaan proses penjaminan mutu dapat memberikan jaminan kualitas pendidikan pada mahasiswa. Kegiatan penjaminan mutu dilaksanakn pada kegiatan akademik dan proses belajar mengajar yang lebih baik serta dilakukan lewat kurikulum yang diserap oleh mahasiswa dalam proses belajar mengajar di Program Studi Kebidanan, dengan demikian dampak dari penjaminan mutu tersebut sangat berpengaruh pada keberhasilan mahasiswa.

Dalam rangka meningkatkan peluang kerja bagi Lulusan, maka Program Studi Kebidanan menerapkan: (1) Strategi pembelajaran berbasis kompetensi dalam setiap perkuliahan. (2) Membekali mahasiswa dengan pelatihan APN dan CTU. (3) Memberikan perkuliahan kepribadian dan kewirausahaan. Dari kompetensi tersebut maka lulusan diharapkan mampu bersaing dalam dunia kerja dan memiliki jiwa kemandirian yang tinggi.

Program Studi Kebidanan Poltekkes RS dr. Soepraoen telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak seperti dinas kesehatan (puskesmas), Bidan Praktik Swasta (BPS) dan Rumah Sakit di Malang Raya. Kerjasama yang dilakukan secara terpusat dengan Poltekkes dalam bentuk MoU (Nota Kesepahaman).











































































































































































 
 
MENU NAVIGASI
 
Profil Prodi Kebidanan  
Sarana Prasarana  
Tatib Mahasiswa  
Kurikulum D-III Kebidanan TA. 2010/2011  
Visi dan Misi Prodi Kebidanan  
Denah Kampus  
HIMA Prodi Kebidanan  
Alumni Prodi Kebidanan  
SDM Prodi Kebidanan  
Status Mahasiswa TA.2011/2012  
 
 
Situs Poltekkes dr. Soepraoen © 2014
Jl. Sodanco Supriadi no. 22 Malang - Email: informasi@poltekkes-soepraoen.ac.id
Designed & Developed by Adhamweb Dot Com [www.adhamweb.com]